Gresik bisa dibilang merupakan salah satu kota berhawa paling panas di Jawa Timur. Meskipun demikian, belakangan banyak orang membanjiri kota semen itu. Bukan untuk mandi matahari tentu saja, tapi ingin menyaksikan salah satu fenomena unik yang mungkin tak banyak ditemukan, bahkan di dunia.

Ya, banyak orang yang berbondong-bondong ke Gresik tak lain karena mereka ingin melihat langsung dengan mata kepala sendiri Bukit Kapur Sekapuk. Tentu kamu bertanya-tanya kenapa tempat ini begitu digandrungi, alasannya tak lain karena bentuknya yang luar biasa. Begitu melihatnya, kamu mungkin bakal langsung merasa sedang berada di Yunani, padahal kaki masih menginjak Gresik.

Banyak yang bilang kalau bukit kapur ini memiliki arsitektur yang lazim ditemukan di Yunani. Tak berlebihan memang karena faktanya demikian. Lebih jauh tentang tempat ini, berikut beberapa hal soal si bukti kapur yang bakal membuatmu makin terbelalak.

Asal Usul Bukit Kapur Sekapuk

Lubang Bukit Kapur yang indah [image: source]

Nama Sekapuk berasal dari nama desa tempat wisata ini berada, yaitu Desa Sekapuk. Sebuah desa yang memiliki areal penambangan kapur yang biasa disebut Bukit Kapur. Jadilah namanya disebut Bukit Kapur Sekapuk. Awalnya, bukit kapur di daerah ini tidak berbeda dengan kebanyakan bukit kapur pada umumnya. Namun belakangan, setelah digali sejak tahun 1950, areal penambangan berubah menjadi bukit dengan kontur tanah berlapis-lapis, dengan rongga-rongga unik. Bukit ini mulai populer sejak beberapa orang berfoto di tempat ini dan dibagikan dalam sosial media. Alhasil, banyak orang yang takjub dengan pesona alam, penasaran dan datang langsung ke tempat ini.

Bukit Indah Ala Peradaban Kuno Yunani

Bukit Kapur Sekapuk [image: source]

Bentuk unik bukit kapur yang beberapa bagiannya ditumbuhi rumput liar ini, tak serta merta ada. Lekukan, lubang dan lorong kapur yang indah itu adalah bekas aktivitas penggalian yang dilakukan penambang selama bertahun-tahun.Tebing dan lorong bukit yang ada di areal sepanjang 2-3 km itu menyajikan pemandangan indah yang diincar banyak orang. Tak heran jika pengunjung tempat ini berlomba-lomba untuk berfoto di spot indah dan unik yang ada di berbagai sudutnya. Memang jika diperhatikan baik-baik, berada di areal perbukitan ini bisa menghadirkan sensasi berwisata di luar negeri.

Baca juga  Meriahnya Pembukaan SETIGI dan Launching Web Desasekapuk.com

Rute Menuju Lokasi

Eksotisme Bukit Kapur [image: source]

Tidak sulit untuk menemukan lokasi Bukit Kapur Sekapuk. Karena di sekitar lokasi akan banyak kendaraan pengangkut kapur yang berlalu lalang. Apalagi kalau mau bertanya kepada warga sekitar, pasti dengan lancar mereka akan memberitahu jalur untuk sampai di bukit yang berada di Kecamatan Ujung Pangkah itu.Jika kamu datang dari arah timur, maka rute yang diambil adalah menuju Kota Gresik. Dilanjutkan dengan memilih arah jalur Pantura Lamongan dan diteruskan ke Kecamatan Ujung Pangkah dan sampai Desa Sekapuk. Dari sini, kamu bisa langsung ke Gunung Kapur Sekapuk. Jika kamu datang dari arah barat, bisa mengambil jalur ke Lamongan, Paciran, jalur Pantura Gresik, Ujung Pangkah, Desa Selapuk dan menuju Gunung Kapur Sekapuk.

Yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke kawasan Bukit Sekapuk adalah ramainya lalu lalang kendaraan di sekitar areal pertambangan. Fokus mutlak diperlukan biar tidak celaka. Jangan sampai liburan ke Yunani dalam negeri gagal lantaran ketidakhati-hatian.

Sumber : https://www.boombastis.com/peradaban-kuno-gresik/89473