Tepat pada hari Kamis, 07 Juni 2018 bertepatan dengan 22 Ramadhan 1439, pukul 16:30 WIB GP Ansor Sekapuk melakukan bakti sosial berupa penyerahan donasi kepada 88 anak yatim sebagai wujud kepedulian sosial bagi yatama di Desa Sekapuk. Kegiatan GP Ansor Peduli ini sudah berjalan lama, dan tiap 3 bulan sekali selalu dilakukan acara santunan seperti ini.
M. Nurianto, ketua Ansor Sekapuk bersama dengan Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim, melakukan penyerahan bantuan
kepada sekitar 88 anak yatim. Khoiril adalah koordinator program santunan terhadap anak-anak yatim ini.
Paket santunan anak yatim yang diberikan meliputi pakaian dan berupa uang dari donasi para relawan yang dikoleksi secara rutin oleh para anggota GP Ansor.
Dalam kata sambutannya, Khoiril selaku koordinator pengumpulan dana selalu menekankan akan perlunya saran dan dukungan
dari segala pihak dan selalu terbuka terhadap berbagai masukan agar bisa melakukan introspeksi lebih baik terhadap kebaikan lembaga.
Nomer rekening untuk menyalurkan bantuan dan donasi keuangan GP Ansor Peduli Sekapuk adalah di BRI dengan nomor
rekening BRI 7005-01-012336-531 atas nama LEMBAGA ANSOR PEDULI PR SEKAPUK.

Nama Ansor ini merupakan saran KH. Abdul Wahab (ulama besar sekaligus guru besar kaum muda saat itu), yang diambil dari nama kehormatan yang diberikan Nabi Muhammad SAW kepada penduduk Madinah yang telah berjasa dalam perjuangan membela dan menegakkan agama Allah.
Dengan demikian ANO (Ansor Nahdlatul Oelama) dimaksudkan dapat mengambil hikmah serta tauladan terhadap sikap, perilaku dan semangat perjuangan para sahabat Nabi yang mendapat predikat Ansor tersebut. Gerakan ANO (yang kelak disebut GP Ansor) harus senantiasa mengacu pada nilai-nilai dasar Sahabat Ansor, yakni sebagi penolong, pejuang dan bahkan pelopor dalam menyiarkan, menegakkan dan membentengi ajaran Islam. Inilah komitmen awal yang harus dipegang teguh setiap anggota ANO (GP Ansor).