Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Di bulan Ramadhan amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda. Bila kita menjalani puasa dengan sempurna, ketika hari lebaran datang, kita akan bersih dari dosa seperti seorang bayi yang baru lahir kembali.

Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya umat Islam. Muslim Indonesia menyebutnya dengan Lebaran dan momentum saling bermaafan, setelah puasa Ramadhan yang menyucikan jiwa dan membersihkan dosa. Momen ini lah yang ingin dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Sekapuk untuk lebih dekat dengan masyarakatnya. Bapak Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim menyebutkan bahwa Momen Halal Bihalal tahun ini harus lebih berkesan dan akan dikenang oleh masyarakat Desa Sekapuk nantinya.

Bapak Kepala Desa Sekapuk dan perangkat desa telah melakukan Rapat Intern pada Rabu, 06 Juni 2018 untuk membahas garis besar acara tersebut. Dan rapat tersebut, dilanjutkan pada hari Kamis, 07 Juni 2018 bersama BPD, Linmas, Karang Taruna, RT/RW dan Takmir Masjid/Mushollah. Hasil rapat menyebutkan bahwa acara Halal Bihalal akan dilakukan pada H-1 Hari Raya Ketupat, 20 Juni 2018, dengan adanya acara hiburan yang akan dimulai selepas Dzuhur. Acara Halal Bihalal akan diketuai oleh Bapak Zainul Qohar.