Desa merupakan wilayah pemerintahan kecil dari suatu negara. Dan suatu desa tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada kepengurusan terkecil yang menangani sekelompok warga agar terjalin hubungan yang harmonis antara warga dan Pemerintah Desa. Untuk itu perlu adanya kepengurusan Rukun Tetangga (RT) yang akan melakukan fungsi krusial tersebut.

Perlu diketahui bahwa Desa Sekapuk memiliki 29 Rukun Tetangga dan 5 Rukun Warga. Dan berdasarkan Peraturan Kepala Desa Sekapuk Nomor 01 Tahun 2018 tentang tata cara pemilihan Ketua Rukun Tetangga maka ditetapkan bahwa jadwal pelaksanaan pemilihan ketua RT Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik akan dilakukan serentak pada tanggal 16 Juli 2018. Akan tetapi, Ketua RT yang sedang menjabat kurang dari 3 tahun akan mengemban tugas yang sama 3 tahun mendatang dan tidak perlu melakukan pemilihan RT.

Hal ini telah disosialisasikan kepada segenap pengurus RT dan RW, BPD dan Tokoh Masyarakat pada rapat rutin tanggal 1 Juli 2018. Adapun pembentukan Panitia Pemilihan juga akan dilakukan serentak pada masing-masing RW tanggal 3 Juli 2018 dengan didampingi oleh Perangkat Desa Sekapuk. Kepanitiaan diisi oleh 3 orang tiap RT, ketua RT yang sedang menjabat dan ketua RW setempat.

Ketua RT yang terpilih pada pemilihan tanggal 16 Juli 2018 akan ditetapkan sebagai Ketua RT oleh panitia dan diteruskan kepada Kepala Desa Sekapuk tanggal 17-19 Juli 2018 untuk ditetapkan dengan SK Kepala Desa. Kemudian Ketua RT terpilih harus melengkapi kepengurusan RT tanggal 23-27 Juli 2018. Ketua RT terpilih berhak menjabat selama 3 tahun kedepan dan berhak dipilih kembali untuk 2 periode mendatang. Ketua RT yang terpilih bisa jadi adalah Ketua RT yang saat ini menjabat jika mereka dipercaya kembali oleh warganya. Adapun Ketua RT yang saat ini menjabat sudah digantikan oleh Ketua RT yang baru diharapkan dapat memberikan bimbingan kepada Ketua RT baru dan berperan aktif dalam kegiatan di RT maupun desa.