Ketua RT (Rukun Tetangga) merupakan suatu tugas yang cukup krusial karena mereka-merekalah yang menjembatani Pemerintah Desa dengan masyarakatnya. Orang-orang inilah yang begitu dekat dengan warganya dan membuat inovasi untuk memajukan lingkungannya.

Tahun 2018 ini adalah waktu yang tepat untuk mengganti Ketua RT. Dan warga Desa Sekapuk diberikan hak penuh untuk memilih pemimpinnya. Pemilihan RT serentak dilakukan tanggal 16 Juli 2018 dan resmi dilantik semalam tanggal 23 Juli 2018. Acara ini dihadiri oleh 151 undangan yg terdiri dari Ketua RT lama, Ketua RT baru, BPD, Linmas, BUMDesa, panitia pemilihan ketua RT, peserta KKN dan anggota Pemerintah Desa Sekapuk.

Acara dibuka dan dipandu oleh Bapak Arifianto (Kasi Pemerintahan) dan dipimpin oleh Bapak Abdul Halim (Kepala Desa), Bapak Mundhor (Sekretaris Desa) dan Bapak Jazuli (Ketua BPD). Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh ibu Suwarni (Kasi Kesra), acara ini terasa begitu khidmad dan sakral.

Acara berikutnya adalah pembacaan SK ketua RT oleh bapak Sekretaris Desa dan pemberian ucapan terima kasih dan cinderamata oleh Bapak Kepala Desa didampingi oleh Ketua BPD. Pemberian kenang-kenangan ini dimaksudkan agar mewakili rasa terima kasih Pemerintah Desa Sekapuk yang begitu besar kepada Ketua RT lama yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan warganya selama ini.

Tepat pukul 21.00 WIB acara inti dimulai dengan pemberian SK Ketua RT yang akan menjabat 1 periode (3 Tahun) dan berhak dipilih kembali selama 2 periode kedepan. Bapak Kepala Desa didampingi Ketua BPD dan Sekretaris Desa memberikan ucapan selamat bertugas kepada Ketua RT baru dan semoga dapat bersinergi sampai 3 tahun mendatang, dan kemudian acara ditutup dengan do’a,