Tanggal 08 Agustus 2018, Desa Sekapuk melaksanakan Musyawarah Desa yang mengahdirkan berbagai masyarakat dari berbagai organisasi dan lembaga di Desa Sekapuk. Musyawarah Desa ini bertajuk Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik Tahun 2019.

Pemerintah Desa melakukan Musdes untuk penyusunan RKP Tahun 2019. Hampir 90 % undangan datang untuk menghadiri Musdes tahun ini. Dalam rapat ini BPD selaku empunya gawe memimpin rapat dengan sangat khidmad. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian acara musyawarah untuk rencana Pemerintah Desa ke depan.

Banyak hal yang dibahas dan diusulkan oleh peserta rapat baik dari perwakilan RT, Lembaga Sekolah maupun yang lain terkait penanggulangan banjir, perbaikan sekolah, pembuatan jalan tembusan, pembuatan papan penunjuk arah ke Balai Desa dan masih banyak lagi. Semua usulan tersebut telah dicatat oleh BPD dengan diketahui oleh Pemerintah Desa. Yang kemudian hasil Musyawarah Desa yang telah disepakati bersama diserahkan oleh Ketua BPD ke Kepala Desa Sekapuk.

Kedepannya rencana realisasi rencana Pemerintah Desa akan diusahakan semaksimal mungkin mulai dari hal yang paling penting dan menjadi prioritas. Pihak BPD dan Pemerintah Desa akan bergandengan tangan untuk mewujudkan pembangunan Desa menjadi lebih baik. Adapun pihak masyarakat diminta untuk mengawal rencana kegiatan tersebut hingga terealisasi dengan baik nantinya.