17 Agustus merupakan hari yang sakral sekaligus membahagiakan bagi seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana tidak, di tanggal tersebut Indonesia berhasil memproklamasikan diri sebagai negara yang berdaulat dan merdeka. Dengan pengorbanan dari para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raga untuk negara Indonesia tercinta, pantas kiranya kita menghargai dan memperingatinya dengan semangat kemerdekaan.

Seperti tahun-tahun lalu, Desa Sekapuk selalu membuat kemeriahan acara Kemerdekaan dengan lomba-lomba yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Diantaranya terdapat lomba olah raga seperti Sepak Bola, Bola Volly dan Bulu Tangkis. Ada pula lomba keagamaan seperti Tartilul Qur’an dan Adzan. Ibu-ibu juga tidak mau kalah aksi, terdapat lomba keputrian yang akan mengadakan lomba Ranking 1, Estafet air, Tarik tambang dan Joget balon.

Pembukaan serangkaian acara lomba tujuh belasan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Agustus 2018. Dengan dibuka oleh Kepala Desa Sekapuk, Ketua Panitia dan Ketua Karang Taruna Karya Kirana, acara resmi dibuka dengan simbolis pelepasan balon kemerdekaan.

Setelah acara resmi dibuka, pertandingan olah raga yang paling bergengsi dan diminati masyarakat yakni sepak bola langsung memasuki babak pertama yang mempertandingkan Tim Sepak Bola wilayah I dan Tim Sepak Bola wilayah III. Pertandingan berakhir imbang tanpa gol hingga waktu 2 x 30 menit. Kemudian dilanjut dengan adu penalti dan akhirnya Wilayah III memperoleh kemenangan 3-1 atas wilayah I.