Pemilihan Presiden merupakan pesta rakyat yang euforianya membutuhkan pengamanan lebih. Dimana antusiasme masyarakat Indonesia dalam memilih pemimpinnya sangatlah tinggi. Untuk itu, Pemerintah mulai melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas kepada Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) yang merupakan ujung tombak dalam pengamanan Pemilihan Presiden yang akan dilakukan tahun 2019 mendatang.

Satlinmas sendiri saat ini masih belum jelas cantolan hukum yang menaunginya, untuk itu Pemerintah Desa Sekapuk telah melakukan koordinasi dengan anggota Satlinmas Desa Sekapuk pada tanggal 28 September 2018 lalu. Acara ini bertujuan untuk penataan dan pemberdayaan Satlinmas Desa Sekapuk dalam menyambut Pemilihan Presiden tahun depan.

Hari ini tanggal 11 Oktober 2018, Satlinmas dikumpulkan di Pendopo Kecamatan Ujungpangkah untuk dilakukan pembinaan untuk peningkatan kapasitas satuan perlindungan masyarakat (SATLINMAS) dalam rangka pengamanan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun 2019 di Kecamatan Ujungpangkah Tahun Anggaran 2018. Inti dariĀ  acara ini secara garis besar sama dengan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Sekapuk yaitu meninjau sejauh mana kesiapan Satlinmas dalam pengawalan pemilihan presiden dan legislatif tahun 2019.