22 Oktober nanti akan diperingati sebagai hari santri. Hari Santri Nasional sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Keppres nomor 22 tahun 2015. Penetapan Hari Santri Nasional tanggal 22 oktober ini disambut baik oleh Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).

Mengapa tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional? Hal tersebut merujuk pada peristiwa bersejarah yang membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dari para penjajah. Yakni Resolusi jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA.

Panitia penyelenggara kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional ini adalah LP Ma’arif NU Kabupaten Gresik yang memberikan kepercayaan kepada Taman Pendidikan Bahrul Ulum Desa Sekapuk untuk menjadi tuan rumah sehingga kemeriahan hari santri nasional juga dirasakan oleh masyarakat Desa Sekapuk, tepatnya pada hari minggu tanggal 14 Oktober 2018.  Acara ini dihadiri dan dimeriahkan oleh berbagai elemen masyarakat dan tamu undangan, baik dari Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi Jawa Timur.

Panitia peringatan hari santri nasional juga menyediakan ratusan piala dan berbagai hadiah menarik lainnya untuk peserta lomba-lomba dalam rangka memeriahkan hari santri ini. Diantaranya lomba Olimpiade Aswaja, pujian, tartilul qur’an, pidato dan lain sebagainya.