Desa Sekapuk merupakan suatu wilayah di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Upaya demi upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Sekapuk untuk bisa mengembangkan Desa menjadi desa yang mandiri, salah satunya adalah dengan pembangunan area wisata SETIGI.

Usaha penanaman Tabebuya di beberapa titik di sepanjang jalan Desa Sekapuk

Penghijauan area SETIGI terus diupayakan untuk menetralisir panasnya salju putih di area pegunungan bekas tambang batu kapur ini. Sebanyak ratusan bahkan ribuan tanaman mulai dibudidayakan oleh PEMDES dibantu dengan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) PELANGI Desa Sekapuk. Selain itu, area sepanjang jalan menuju SETIGI juga rencananya akan dihiasi dengan Pohon Tabebuya yang sering disebut serupa dengan bunga sakura yang ada di Jepang.

Penggalian untuk penanaman Tabebuya

Sebanyak 150 Pohon Tabebuya 3 warna, bunga flamboyan 2 warna, dan bunga kupu-kupu telah didatangkan di Desa Sekapuk yang rencananya akan ditanam di sepanjang jalan PU Kabupaten Sekapuk-Ujungpangkah, area Wisata SETIGI dan sisanya akan ditanam di area perkantoran Pemerintahan Desa Sekapuk. Adapun alasan dipilihnya pepohonan ini untuk ditanam pada musim hujan tahun ini adalah semoga pada tahun depan pohon ini sudah mulai berbunga dan menunjukkan keindahannya di Desa Sekapuk. 

Semangat para pekerja untuk memperindah Desa Sekapuk

Adapun dana untuk mendatangkan semua tanaman tersebut 100% dengan menggunakan dana PADES (Pendapatan Asli Desa). Hal itulah yang patut disayangkan karena Pemerintah Kabupaten Gresik maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak mempunyai anggaran untuk Pariwisata. Sehingga Pemerintah Desa hanya bisa mengandalkan PADES sebagai sumber dana pembangunan area wisata.