Selasa, tanggal 12 Februari 2019 sekitar Pukul 19.30 WIB. SATLINMAS (Satuan Pelindung Masyarakat) melakukan sweeping di daerah RT 01 RW 01 Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah Gresik. Acara ini memang sudah direncanakan sejak lama mengingat banyaknya warga pendatang dan rumah kost yang ada di Desa Sekapuk, terutama di daerah terdepan RT 01 RW 01.

Apel sebelum melakukan sweeping KIPEM dipimpin oleh DANLINMAS

Dalam sweeping yang dilakukan tadi malam, SATLINMAS berusaha menertibkan warga pendatang yang belum resmi mendaftarkan diri di Desa Sekapuk dan belum memegang KIPEM (Kartu Ijin Penduduk Musiman) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa Sekapuk.

Hal ini tentu saja menjadi sangat penting karena masyarakat Desa Sekapuk mulai resah dengan adanya serbuan pendatang dari berbagai daerah luar desa, luar kecamatan bahkan luar kabupaten. Karena baru-baru ini Pemerintah Desa Sekapuk telah berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya berhasil membekuk seorang buronan yang telah lama menjadi incaran polisi tengah berada di salah satu rumah kost yang ada di RT 01 RW 01.

Sweeping di area rumah kos RT 01 RW 01 Desa Sekapuk

Besar harapan Pemerintah Desa Sekapuk beserta warganya bahwa acara penertiban warga pendatang akan terus digelar demi menanggulangi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Karena besar kemungkinan warga pendatang di Desa Sekapuk akan semakin membanjiri nantinya.