Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa.

Pengambilan sumpah janji anggota BPD oleh Bapak Bupati Gresik

Pengisian formasi BPD Desa Sekapuk sendiri sudah dimulai sejak dibentuknya panitia pemilihan BPD pada tanggal 13 Oktober 2018 dengan diketuai oleh Kepala Seksi Pemerintahan dan beranggotakan 5 Ketua RW dan 5 wakil RW.   Pada tanggal 29 Oktober 2018 telah dilakukan musyawarah keterwakilan wilayah dalam pengisian anggota BPD. Dan telah terpilih beberapa anggota BPD yang akan ditetapkan dengan SK Bupati dan menjabat sebagai BPD selama 6 tahun kedepan.

Senyum Anggota BPD Desa Sekapuk

Adapun nama-nama anggota BPD terpilih diantaranya : Abdul Wahid Mustofa (RW 01), Sudarwati (RW 02),  Ah. Basoni dan Eko Hadi Wibowo (RW 03), Miskan dan Mahmudi (RW 04), Umar Efendi dan Muqorrobin (RW 05). Dan anggota lainnya yang merupakan keterwakilan perempuan melalui forum ibu-ibu PKK akhirnya memutuskan Ibu Helmi Susanti sebagai anggota terakhir BPD Desa Sekapuk.

Anggota BPD Desa Sekapuk mengikuti jalannya acara pengangkatan anggota BPD di WEP Gresik

Pelantikan Anggota BPD terpilih telah dilaksanakan tanggal 01 Maret 2019 bertempat di Gedung WEP Gresik dan dilantik langsung oleh Bapak BUPATI GRESIK. Masa Bakti anggota BPD sendiri adalah 6 tahun sejak dilantik dan diambil sumpah janjinya.