PUSKESMAS atau pusat kesehatan masyarakat memang merupakan suatu tempat yang cukup krusial dan dibutuhkan oleh masyarakat. Begitu pula dengan Puskesmas yang ada di Desa Sekapuk. Puskemas Sekapuk ini konon telah berdiri selama 40 tahunan dan menjadi pusat kesehatan andalan masyarakat Desa Sekapuk.

Kepala Desa Sekapuk berdiskusi dengan Dokter Puskesmas Sekapuk

Sejak beberapa tahun yang lalu, terdapat wacana untuk bisa memperbesar bangunan dan memperbanyak fasilitas yang ada di Puskesmas ini. Hal ini tentu menjadi angin segar dan harapan besar bagi masyarakat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik dari Pemerintah. Mengingat di Desa Sekapuk terdapat aktivitas penambangan yang aktif, masyarakat dihantui dengan adanya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan pneumonia. Angkanya juga relatif cukup tinggi sehingga adanya fasilitas kesehatan seperti Puskesmas yang dekat dengan mereka tentu sangat membantu untuk bisa mencegah hingga mengobati berbagai penyakit tersebut.

Petisi yang dibuat oleh warga Desa Sekapuk

Akan tetapi, kabar buruk yang dihembusakan beberapa saat lalu menjadikan warga masyarakat Desa Sekapuk geram lantaran janji Pemerintah untuk bisa mengembangkan Puskesmas Sekapuk malah akan dipindah ke desa lain. Mereka menilai, jika dibesarkan dan dikembangkan tetapi diluar wilayah Desa Sekapuk, terus untuk apa mereka menunggu dengan penuh harap selama ini? Lebih baik tidak usah dikembangkan saja, biar tetap begini adanya.

Berita Acara penolakan pemindahan Puskesmas Sekapuk yang dibuat oleh Pemdes Sekapuk dan BPD
Surat Penolakan pemindahan Puskesmas Sekapuk yang rencananya akan dikirim secepatnya kepada Bupati Gresik

Pemerintah Desa Sekapuk melalui Kepala Desanya, Bapak Abdul Halim juga menyatakan bahwa beliau menyayangkan keputusan pemindahan Puskesmas Sekapuk ini. Beliau mengkhawatirkan warganya akan marah dan menolak keras pemindahan Puskesmas ini mengingat rasa memiliki masyarakat Desa Sekapuk terhadap Puskesmas yang sudah berdiri puluhan tahun di Bumi Sekapuk sangatlah besar. Apalagi selama ini tidak ada wacana dan pemberitahuan ataupun permintaan ijin kepada pihak Desa Sekapuk untuk pemindahan Puskesmas Sekapuk.

Baca juga  Karnaval yang berbeda di Desa Sekapuk
Harapan warga agar sebisa mungkin Puskesmas Sekapuk tidak dipindahkan dari Desa Sekapuk

Untuk menyikapi kemarahan warga, Pemdes Sekapuk langsung mengambil langkah tegas dengan merundingkan masalah ini dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sekapuk dan hasilnya tentu penolakan pemindahan Puskesmas. Secepatnya pihak Pemdes Sekapuk akan melayangkan surat penolakan kepada Bupati Gresik dengan tembusan kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Gresik, KAPOLRES Gresik, KAJARI Gresik, KADIS Pertanahan Kabupaten Gresik, KADIS Kesehatan Kabupaten Gresik, MUSPIKA Ujungpangkah dan Pertinggal.

Warga menolak wacana pemindahan Puskesmas Sekapuk

Rencananya, hari selasa tanggal 30 April 2019 akan ada Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dewan dan Sekretariat Kabupaten datang ke Desa Sekapuk. Semoga dengan datangnya pihak-pihak tersebut mampu membawa titik terang dan angin segar bagi masyarakat Desa Sekapuk. Tentunya kabar yang sangat dinantikan oleh warga Desa Sekapuk bahwa Puskesmas Sekapuk akan selamanya berada di Sekapuk.

Komentar warga mengenai wacana pemindahan Puskesmas Sekapuk