Pemerintah Kabupaten Gresik bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas PUTR memberikan kesempatan kepada warganya, terutama yang berada di wilayah Kecamatan Gresik, Kebomas, Manyar, Cerme, Duduksampeyan, Benjeng, dan Balongpanggang (Wilayah tengah), kecamatan Bungah, Dukun, Sidayu, Ujungpangkah. dan Panceng (Wilayah Utara), Kecamatan Menganti, Kedamean, Driyorejo, dan Wringinanom (Wilayah Selatan), Kecamatan Sangkapura dan Tambak (Wilayah Bawean). untuk mendapatkan sertifikat tenaga kerja konstruksi gratis.

Adapun lokasi dan waktu pelaksanaannya untuk masing-masing wilayah akan diinformasikan lebih lanjut. Caranya juga relatif mudah yaitu menyerahkan fotocopy ijazah minimal SD/ Surat Keterangan mampu baca dan tulis, fotocopy KTP, 4 lembar foto ukuran 4×6 dan surat pengantar dari desa/kelurahan setempat.

Program percepatan sertifikasi ini seluruh pembiayaannya ditanggung oleh negara kecuali uang transport dan uang harian peserta. Sedangkan untuk perlengkapan Alat Pengaman Diri (APD) akan diberikan oleh Panitia Pelaksana. Informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Balai Desa Sekapuk.