Desa Sekapuk merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Gresik bagian utara. Desa yang telah mampu menunjukkan kemandiriannya dengan peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) itu kini mampu membiayai banyak pembangunan desanya secara mandiri.

Pembangunan tentu saja bukan hanya pembangunan fisik semata, akan tetapi kesejahteraan para punggawa desa juga harus diutamakan. Untuk itu Pemerintah Desa Sekapuk melalui Bapak Kepala Desa, Abdul Halim menyatakan bahwa akan ada seragam intern Pemerintah Desa beserta para RT, RW, BPD dan Organisasi masyarakat lainnya. Rencana itu sudah mulai digulirkan sejak awal tahun ini.

Setelah melalui diskusi panjang, Alhamdulillah akhirnya desain batik Pemdes Sekapuk final. Ada ayam jago, daun randu( kapuk ), Bukit dan sumur, serta cikar yang ditonjolkan sesuai kisah dari peradaban Desa Sekapuk.

Ayam Jago diceritakan memberikan petunjuk keberadaan sumur tiban, sumur yang dijadikan sebagai sumber utama warga saat itu (sumur gede). Daun randu yang kuat dengan filosofi daun atau Godong randu, secara sosial budaya berarti gotong royong, toleran, moderat. Sekaligus asal nama Sekapuk dari kata Kapuk( hasil bunga randu ), selain dari kata Masek dan Nglumpuk. Termasuk cikar roda besi merupakan sejarah transportasi warga saat itu dalam membawa peradaban rumah kayu jadi batu serta alat transportasi hasil pertaniannya.

Besar harapan Semoga batik Pemdes ini bisa bermanfaat dan menjadi kebanggaan bersama Pemdes dan warga Desa Sekapuk.
MARI_BERSAMA_CINTAI_BATIK