Desa Sekapuk merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Gresik bagian utara. Saat ini, Pemerintah Desa Sekapuk sedang menggeliatkan pembangunan dan kecintaan terhadap obyek wisata yang dimiliki oleh Desa Sekapuk sendiri, yang dinamakan SETIGI.

Desa Sekapuk saat ini sudah berubah, semenjak ditunggangi oleh Kepala Desa yang baru, Abdul Halim. Sebelum dipimpin oleh Bapak Abdul Halim pada akhir tahun 2017 lalu, Indeks Desa Mandiri (IDM) yang dimiliki oleh Desa Sekapuk masih menunjukkan angka dibawah rata-rata (desa tertinggal). Akan tetapi, IDM Desa Sekapuk sejak tahun 2018 hingga 2019 ini sudah mengalami kenaikan yang signifikan menjadi Desa maju.

Hal inilah yang menjadikan sebuah Universitas besar di Jawa Timur, Universitas Brawijaya mengundang Kepala Desa Sekapuk menjadi salah satu narasumber kehormatan dalam Pelatihan agen kredit program untuk BUMDes, BUMDes bersama kawasan, Pamsimas, dan pendamping program pemberdayaan masyarakat.

Diundangnya Kepala Desa Sekapuk ini tentu saja membuat kita bertanya. Ada apa dengan Desa Sekapuk?? Mengapa harus Kepala Desa Sekapuk? Semoga ini merupakan sinyal baik apresiasi terhadap usaha Desa Sekapuk menjadi lebih maju dan mandiri.