Desa Sekapuk mengalami begitu banyak perubahan positif ketika berganti nahkoda. Semenjak dilantiknya Bapak Kepala Desa Abdul Halim di akhir tahun 2017, desa ini masih menyandang desa tertinggal menurut indikasi IDM (Indeks Desa Mandiri). Akan tetapi, 2 tahun berselang dari kepemimpinannya menjadi Kepala Desa Sekapuk, desa ini sekarang menjadi Desa Maju dan Mandiri.

Bapak Kepala Desa Menyampaikan pidato didepan 29 tumpeng yang disediakan oleh tiap RT di wilayah Desa Sekapuk
11 tumpeng dan ayam ingkung yang disediakan oleh Pemerintah Desa Sekapuk

Atas capaiannya yang luar biasa tersebut, diadakanlah acara Sekapuk Bersyukur 2019 di penghujung tahun ini. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk mengalihkan masyarakat Desa Sekapuk khususnya dari budaya merayakan tahun baru dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Hujan tak menyurutkan semangat masyarakat untuk menikmati acara Sekapuk Bersyukur 2019 hingga usai
Hujan mulai reda dan masyarakat mulai bergerombol mendekati pusat suara

Dalam acara yang diadakan Pemerintah Desa di Area Wisata tersebut, masyarakat menunjukkan animo yang luar biasa. Walaupun acara diselenggarakan di malam hari, dalam keadaan hujanpun masyarakat masih mengikutinya hingga acara usai. Tidak kurang dari 40 tumpeng dan 40 ayam ingkung yang disajikan untuk masyarakat Desa Sekapuk tanpa terkecuali. 40 tumpeng dan ayam ingkung tersebut berasal dari masing-masing RT yang ada di Desa Sekapuk sebanyak 29 tumpeng dan ayam, sedangkan Pemerintah Desa Sekapuk menyediakan 11 tumpeng dan ayam sehingga membuatnya genap 40 tumpeng dan ayam ingkung.

Penyerahan sepeda listrik secara simbolis kepada Pemdes Sekapuk
Penyerahan sepeda listrik kepada Ketua RW Desa Sekapuk

Sebelum menyantap tumpeng yang tersaji pada malam tersebut, Bapak Kepala Desa Sekapuk menyatakan rasa syukurnya atas capaian Desa Sekapuk di Tahun 2019. Beliau mengucapkan terimakasih atas bantuan semua warganya tanpa terkecuali dalam mengembangkan desa ini. Dan dengan berakhirnya tahun 2019, di awal tahun 2020 tepatnya 01 Januari 2020 adalah waktu dimana Grand Opening SETIGI. Bapak Kepala Desa menginginkan warganya bisa menjadi warga yang baik dan ramah menyambut pengunjung wisata SETIGI nantinya.

Antusiasme masyarakat dalam menikmati makan tumpeng bersama di malam pergantian tahun
Antusiasme masyarakat makan tumpeng bersama dalam Sekapuk Bersyukur 2019

Dalam acara Sekapuk Bersyukur 2019 itu juga dibagikan sepeda listrik kepada RT, RW, Bumdes, BPD dan Pemdes Sekapuk. Sepeda listrik ini sebenarnya bukan diberikan secara cuma-cuma tetapi sistem kredit dengan potongan tunjangan selama 2 tahun. Dimalam itu juga semua sepeda listrik sudah didistribusikan kepada pemiliknya menurut plat nomor yang sudah dipasang di keranjang sepeda listrik.Dimulai dari plat hijau milik Pemdes, plat hitam untuk Bumdes, plat merah untuk BPD, Plat biru untuk RT dan RW. Sepeda listrik dipilih karena ramah lingkungan dan menjadi salah satu inovasi Desa Sekapuk.

Baca juga  SETIGI Go Green
Penyerahan piagam saham secara simbolis kepada beberapa peserta Taplus Invest
Penyerahan piagam saham secara simbolis kepada beberapa peserta Taplus Invest

Dimalam Sekapuk Bersyukur 2019 juga diberikan piagam saham secara simbolis kepada para pengusaha wisata yang sudah berpartisipasi dalam Taplus Invest dan menabung selama tahun 2019 berjalan. Dan karena banyaknya animo masyarakat yang masih menginginkan memiliki piagam saham wisata Setigi, Taplus Invest diperpanjang hingga akhir Februari 2020.