Desa Sekapuk sudah sukses membentuk brand sebagai Desa Wisata yang patut diperhitungkan. Bagaimana tidak, setelah awal tahun 2020 kemarin wisata Selo Tirto Giri (SETIGI) sudah resmi dibuka, dibulan yang sama sudah berhembus kabar bahwa akan ada Agrowisata baru yang akan dibuka tahun 2022 yaitu Kebun Pak Inggih.

Pemdes Sekapuk menaiki cikar gelinding wesi menuju Agrowisata Kebun Pak Inggih
Pengukuran jalan masuk Agrowisata Kebun Pak Inggih

Menurut Bapak Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim, beliau menyatakan bahwa paket komplit Agrowisata akan dihadirkan disana. Wisata petik buah, peternakan, kolam renang bahkan penginapan akan dibangun di area seluas 2,200 hektar tersebut. Dan untuk lebih menarik minat wisatawan sekaligus bernostalgia dengan alat transportasi jaman dahulu, akan dihadirkan cikar gelinding wesi yang akan membawa wisatawan menuju kebun Pak Inggih,

Bekerja sekaligus bernostalgia menaiki cikar gelinding wesi

Jum’at tanggal 31 Januari 2020, Pemdes Sekapuk yang digawangi oleh Bapak Kepala Desa, Sekretaris Desa dan para perangkatnya melakukan uji coba menaiki cikar gelinding wesi. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menuju Kebun Pak Inggih nantinya. Selain itu, survey lokasi tersebut juga untuk penataan Kebun Pak Inggih mulai dari pintu masuk dan penempatan perkebunan dan peternakan nantinya.

Menaiki Cikar gelinding wesi ini tidak bisa dilakukan oleh setiap orang. Butuh keahlian khusus untuk bisa menaikinya. Untuk itu Pemdes Sekapuk diantar oleh seorang ahli yang merupakan sesepuh dan tokoh masyarakat Desa Sekapuk yang bernama Bapak H. Moekahar. Berkat keahlian beliau, medan yang belum tertata dan bergelombang tersebut mampu dilewati dalam waktu kurang lebih 18 menit saja. Akan banyak penataan yang perlu dipersiapkan untuk membangun Agrowisata Kebun Pak Inggih 2 tahun mendatang, terutama dalam bidang infrastruktur jalan. Dan rencananya, wisata Kebun Pak Inggih ini akan mulai ditanam pada tahun ini.