Sejak mewabahnya virus Corona atau yang lebih dikenal dengan Virus Covid-19, seluruh dunia menjadi gempar dan ketakutan. Bagaimana tidak, musuh yang kita lawan sekarang adalah makhluk tak kasat mata dan bisa mengancam nyawa kita dan orang terdekat kita. Untuk itu, Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansah meminta agar para murid yang bersekolah diliburkan dan belajar dirumah saja untuk menghindari kerumunan dan mewabahnya virus ini.

Menyusul kemudian, adanya himbauan dari Pemerintah daerah dan kabupaten untuk para pekerjanya work from home atau bekerja dirumah dan membuat posko pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tiap desa.

Hal itu pula yang dilakukan di Desa Sekapuk. Semenjak tanggal 24 Maret 2020 telah di bentuk Posko pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang bertempat di samping kantor Balai Desa Sekapuk. Adapun jadwal jaga posko adalah sejak jam 8 pagi hingga jam 10 malam. Disaat masyarakat diminta berdiam diri dirumah agar terhindar dari bahaya Covid-19, para relawan ini rela menjaga posko dan bersiaga menjaga Desa Sekapuk kita tercinta ini.